Info GTK Panduan Dan Cara Pengecekan

Panduan Cara Pengecekan Info GTK
Panduan Cara Pengecekan Info GTK

Inilah 2 cara mengakses aplikasi Info GTK, yaitu melalui website Kemdikbud dan login menggunakan NUPTK.

Menjadi guru di era globalisasi sebagaimana saat ini memang mempunyai tuntutan yang lebih berat. Salah satunya adalah kewajiban untuk melek literasi digital untuk mengakses berita-berita online teraktual. Selain itu guru juga perlu proaktif meng-update informasi yang berhubungan dengan profesinya, misalnya melalui platform Info GTK.

Mengenal Aplikasi GTK

Aplikasi ini bagi para guru seharusnya sudah tidak asing lagi mengingat ini merupakan platform penting untuk mereka. Aplikasi GTK dirilis oleh Direktorat GTK Kemdikbud dan dapat diakses melalui SIM PKB.

GTK merupakan kependekan dari Guru dan Tenaga Kependidikan. Sarana digital ini dapat membantu Anda melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang sudah diinput sebelumnya. Platform tersebut merekam dan menampilkan data sekolah sekaligus tenaga guru dan pendidik secara lengkap.

Informasi tersebut sewaktu-waktu dapat diakses dan ditampilkan untuk berbagai keperluan.

Jika terjadi kesalahan data, proses revisinya dapat dilakukan via aplikasi Dapodik pada info GTK belum valid melalui operator sekolah Anda. Syaratnya Dapodik sekolah wajib melakukan sinkronisasi data paling tidak seminggu sebelumnya,  baru dapat mengecek validasi data.

Kesimpulannya, aplikasi Info GTK adalah sistem yang memuat data tentang identitas serta kegiatan guru dan diperoleh dari sistem Dapodik sekolah. Selain informasi tersebut, aplikasi ini juga menyimpan data sekolah induk serta data rombongan belajar.

Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah memudahkan guru untuk melakukan pemantauan validitas data terbaru tentang identitas yang bersangkutan serta kegiatan kedinasannya.

Pembaruan data pada sistem sebenarnya adalah tugas operator sekolah. Meski demikian guru dapat membantu dengan melakukan pengecekan agar operator dapat segera merevisi. Jadi aktivitas ini dapat dikatakan bagian dari tanggung jawab guru juga.

Manfaat GTK

Dengan memanfaatkan sarana cek info GTK 2020 online ini Anda juga akan terhindar dari beberapa masalah yang sering terjadi pada guru. Salah satu yang cukup mengganggu adalah tertundanya pencairan tunjangan profesi guru.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena informasi yang dimasukkan pada sistem Dapodik tidak sinkron dengan rekaman data pada aplikasi Info GTK.

Contoh kasusnya adalah perbedaan data jumlah jam mengajar yang diinputkan oleh guru dengan hasil analisis sistem. Sistem akan memberikan keterangan “Belum Valid” pada status validasi tunjangan profesi kepada yang bersangkutan jika mendeteksi ada data yang tidak sinkron.

Ini misalnya pada bagian identitas atau bisa juga pada kegiatan guru.

Sekali lagi untuk menghindari hal-hal yang merugikan guru wajib untuk proaktif melakukan pemeriksaan melalui aplikasi.

Agar semakin jelas, inilah manfaat Info GTK untuk guru:

  • Guru lebih mudah memonitor hasil input data Dapodik yang dikerjakan operator sekolah.
  • Guru dapat melakukan revisi kesalahan data secara langsung atau melalui operator sekolah.
  • Guru lebih mudah memantau terbitnya surat-surat penting terkait profesinya. Ini antara lain Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP) dan Surat Keputusan Penerima Tunjangan.
  • Guru bisa mengakses berbagai informasi terkini, terutama yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah melalui institusi berwenang. Salah satunya terkait GBPNS atau program penyetaraan Guru Bukan PNS, sertifikasi, dan lain-lain.

Setelah entry data Dapodik dilakukan oleh operator sekolah dan tersimpan oleh server GTK, guru dapat mengakses secara online Info GTK. Input data ini dilakukan pada semester awal dengan masa berlaku atau validitas selama 1 semester atau 6 bulan.

Cara Mengakses Aplikasi Info GTK

Untuk mengakses aplikasi atau cara cek Info GTK ada dua cara yang dapat Anda lakukan. Pertama melalui https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ dan kedua dengan NUPTK Anda.

Anda tinggal menginput akun serta kata sandi yang sama dengan akun PTK. Akun tersebut dibuatkan oleh operator sekolah di tahun lalu ketika melakukan input data individu PTK pada aplikasi Dapodik. Sementara entry data dilakukan sendiri oleh tiap guru.

Alternative kedua untuk login aplikasi adalah dengan nomor NUPTK serta tanggal lahir yang bersangkutan. Simak artikel ini hingga usai untuk mengetahui  cara cek info GTK dengan NUPTK!

NUPTK adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau Nomor Induk yang diperuntukkan bagi Tenaga Kependidikan (GTK) serta guru. Anda bisa mendapatkan NUPTK jika dinilai sudah memenuhi persyaratan sesuai surat Dirjen GTK.

NUPTK merupakan nomor identitas resmi yang terdiri dari 16 deret angka dan sifatnya tetap serta tunggal. Artinya nomor Anda tidak mungkin sama dengan orang lain. Fungsi nomor induk adalah untuk identifikasi guru pada berbagai program kegiatan peningkatan kualitas atau kompetensi keilmuan. 

Nomor induk resmi tersebut tidak akan mengalami perubahan walaupun pemilik NUPTK melakukan modifikasi data. Ini misalnya saat yang bersangkutan dimutasi atau telah berganti status kepegawaiannya.

Cara 1 (Login aplikasi Info GTK melalui website)

  • Ketik Info GTK pada mesin pencari untuk mendapatkan versi terbarunya atau tahun 2020.
Info GTK
  • Klik pada tautan seperti gambar di bawah
Info GTK Simpatika
  • Anda akan melihat tampilan layar seperti di bawah ini. Untuk mendapatkan akun dan kata sandi adalah melalui aplikasi Dapodik.
aplikasi Dapodik
  • Operator sekolah kemudian memilih guru atau Tendik (Tenaga Pendidik) yang akan login akun Info GTK.
login akun Info GTK
  • Laman aplikasi Dapodik akan memuat password serta akun yang bersangkutan. Anda tinggal menyimpan dan menyalinnya.
Laman aplikasi Dapodik
  • Lakukan login sesuai akun dimaksud dan masukkan kode captcha sebagaimana yang diminta dan klik “login”.
  • Anda akan melihat laman berikut ini jika melakukan cara membuka info GTK dengan benar sesuai langkah-langkah di atas. Laman ini menampilkan informasi data guru pada tiga buah kolom, yaitu:
  1. (1) Kolom Uraian
  2. (2) Kolom Data sesuai aplikasi Dapodik yang diinput oleh operator sekolah
  3. (3) Kolom Keterangan untuk menjelaskan data yang tercantum pada kolom 2 atau Kolom Data
cara membuka info GTK

Jika ada data yang belum sesuai Anda bisa melakukan perbaikan atau sinkronisasi. Perhatikan pada bagian kolom info GTK dan jika terlihat tanda silang berwarna merah artinya ada data yang belum sinkron.

Ini misalnya JJM (Jumlah Jam Mengajar) tidak sesuai yang disyaratkan. Data terbaru setelah revisi akan dapat diakses secara online paling cepat setelah 7 hari kerja.

Cara 2 (Login aplikasi Info GTK dengan NUPTK dan tanggal lahir)

  • Langkah pertama cara cek info GTK 2020 adalah denganmengetik kata “ops bukal” pada mesin pencari.
  • Klik pada tautan “cek info GTK”.
cek info GTK simpatika
  • Laman akan memuat kolom permintaan NUPTK dan tanggal lahir
permintaan NUPTK
  • Input kolom sesuai permintaan.
Info Gtk Terbaru
  • Setelah mengisi NUPTK dan tanggal lahir berikutnya klik “proses” dan lanjutkan dengan “Lihat Info GTK”.
mengisi NUPTK dan tanggal lahir
  • Anda akan melihat tampilan informasi data guru sebagaimana pada langkah 1. Anda bisa melakukan sinkronisasi pada laman di bawah ini.
informasi data guru

Dari kedua metode login info GTK 2020 yang telah dijelaskan di atas dapat dipilih yang paling mudah menurut Anda.

Masalah-masalah Terkait Info GTK Yang Menyebabkan Tertundanya Tunjangan Guru

Ada banyak penyebab mengapa status pada aplikasi Info GTK dinyatakan “Belum Valid”. Untuk Anda guru yang bekerja tidak hanya di satu sekolah lakukan penelusuran data yang telah diinput pada aplikasi Dapodik sebelumnya. Data yang terekam dalam sistem harus konsisten dan valid.

Bagaimana jika keterangan data sekolah induk masih kosong pada sistem Info GTK sementara data sudah “updating”? Yang harus Anda lakukan adalah menghubungi operator sekolah agar memberi tanda centang pada data di bagian sekolah induk.

Perlu diketahui bahwa hanya ada satu sekolah induk saja yang datanya bisa dicentang. 

Jika memang tidak menemukan inkonsistensi data, tetapi masalah belum terpecahkan, cobalah mengeceknya pada identitas profil PNS. Data tersebut dapat ditemukan pada aplikasi BKN. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membukanya:

  • Pertama, Anda harus mengakses aplikasi profil PNS.
  • Lakukan login menggunakan NIP,  lalu klik “Next”.
  • Masukkan kode captcha sesuai petunjuk.
  • Lakukan pengecekan data pada profil PNS apakah telah sinkron dengan Dapodik.

Jika memang ada data yang tidak sesuai bawalah dokumen resmi ke kantor BKD atau BKN.

Selain masalah di atas, mungkin ada yang pernah mengalami status “Data Tidak Ditemukan” saat mengakses info GTK kemendikbud 2020. Ini dapat terjadi pada guru baru yang sebelumnya tidak pernah mengisi data pada formulir Dapodik.

Solusinya adalah dengan mengunjungi dinas terkait. Jika Anda bertugas di jenjang pendidikan PAUD hingga Dasar berarti Anda harus mendatangi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Sementara jika mengajar di jenjang pendidikan Menengah serta Khusus, Anda bisa mengunjungi Dinas Pendidikan Provinsi.

Petugas akan memandu Anda untuk mengisi data sekaligus melakukan registrasi pada sistem SIM PKB.

Bagi Anda yang sudah lama bertugas namun mengalami permasalah yang sama mungkin ada penyebab lain. Yang sering terjadi adalah ketidaktelitian dari yang bersangkutan sendiri dalam mengisi nomor UKG saat login dengan SIM PKB.

Untuk mengatasi hal ini lakukan pengecekan apakah Anda sudah melakukan input data dengan benar atau tidak. Demikian pula saat login pada aplikasi dengan NIK, NRG, atau NUPTK. Lakukan login kembali dengan mengetik ulang username serta kata sandi yang sudah diberikan.

Munculnya status yang menyatakan “data dapodik sekolah belum update” juga cukup sering menjadi pertanyaan guru. Anda dapat meminta bantuan operator sekolah untuk mengecek tanggal sinkronisasi Dapodik. Tanggal tersebut menunjukkan pembaharuan atau pengaktualan data terkini oleh sekolah.

Pemeriksaan serta pembaharuan data Dapodik harus dilakukan dengan cermat untuk menghindari kesalahan saat melakukan verifikasi data.

Penyebab NUPTK dan NIP Hilang Dari Sistem

Bagaimana jika muncul status “Belum Valid” pada aplikasi yang disebabkan NUPTK atau NIP tidak ditemukan oleh sistem? Pemicu masalah ini karena inkonsistensi dalam penginputan data. Akibatnya aplikasi tak dapat mengidentifikasi data guru yang bersangkutan sesuai dengan NIP.

Solusinya adalah segera menghubungi operator sekolah agar segera dilakukan penyesuaian data melalui Dapodik pada sekolah masing-masing.

Untuk Anda yang mengabdi di beberapa sekolah disarankan rajin memantau sinkronisasi data pada aplikasi di tiap-tiap sekolah tempat Anda mengajar.

Pastikan data yang diunggah selalu konsisten, contohnya terkait penulisan nama lengkap. Misalnya nama lengkap Anda adalah Irena Damayanti Hasibuan dan Anda dapat menuliskannya pada sistem sesuai kehendak.

Yang penting tetap memperhatikan kesesuaian dengan dokumen dan cara menuliskan nama harus tetap sama sampai kapan pun.

Misalnya sekarang Anda menginput nama dengan Irena Damayanti Hasibuan, kemudian di lain waktu menjadi Irena D. Hasibuan, atau yang lainnya. Inkonsistensi inilah yang menimbulkan masalah dengan sistem karena aplikasi mengenali Anda sebagai dua orang yang berbeda.

Pada keadaan demikian tentu yang bersangkutan sendiri akan dirugikan. Beberapa masalah yang bisa terjadi adalah, JJM menjadi berkurang atau NUPTK tidak tercantum sehingga muncul status validasi “Belum Valid”.

Terakhir, jika masalah tetap terjadi walaupun data yang dimasukkan oleh operator sudah komplit dan valid, Anda perlu melakukan pengecekan dengan pihak terkait. Yang dimaksud di sini adalah BKD atau BKN.

Guru yang mengalami masalah pada sistem dapat mengonfirmasi pada kantor BKD atau BKN dengan berbekal dokumen otentik untuk melakukan sinkronisasi. Nah, demikian beberapa hal tentang Info GTK yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!