NISN Pengertian Cara Cek Dan Cetak Kartu

NISN Pengertian Cara Cek Dan Cetak Kartu
NISN Pengertian Cara Cek Dan Cetak Kartu

Inilah informasi mengenai pengertian, cara pengecekan, sekaligus langkah-langkah pencetakan kartu NISN sebagai referensi Anda.

Setiap siswa yang berniat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi memerlukan NISN pada proses pendaftarannya. Ini juga termasuk untuk lulusan SMA yang akan mengikuti SNMPTN dan memilih jurusan yang diidamkan.

NISN adalah kependekan dari Nomor Induk Siswa Nasional, yaitu kode identitas yang bersifat unik dan tunggal. Lalu apa sebenarnya manfaat kartu tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Kartu NISN

Dahulu, tiap siswa mendapatkan kartu identitas pelajar yang diterbitkan oleh sekolahnya masing-masing yang hanya berlaku terbatas hanya pada lingkungan sekolah saja.

Ini berbeda dengan NISN yang merupakan identitas siswa sebagai pembeda antara pelajar yang satu dengan lainnya di seluruh Indonesia. Karena itulah nomor induk antara seorang siswa tidak mungkin sama dengan siswa yang lain.

NISN tidak hanya wajib bagi pelajar yang menempuh pendidikan di Tanah Air, tetapi juga bagi siswa yang belajar di Sekolah Indonesia di mancanegara.

Secara umum manfaat nomor induk ini berkaitan dengan perencanaan pendidikan, misalnya memudahkan proses pendaftaran ke tingkat sekolah lanjutan hingga perguruan tinggi. Selain itu NISN juga diperlukan untuk berbagai program pendidikan lainnya, salah satunya BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

Nomor induk sebagai identitas siswa juga tercantum pada kartu pelajar, raport, buku induk, SKHUN, ijazah, piagam, dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Karena fungsinya yang begitu penting, orang tua harus mengetahui cara cek NISN siswa SD untuk memastikan data-data yang tercantum sudah benar.

Inilah secara lebih detail manfaat kartu NISN bagi para pelajar di Indonesia.

Tujuan Pengadaan NISN dan Fungsi Kartu NISN

Tujuan Pengadaan NISN dan Fungsi Kartu NISN

Nomor induk siswa ni mempunyai peranan yang besar bagi para pelajar di Indonesia. Berikut poin-poin penting yang perlu Anda ketahui.

  • Sebagai identitas setiap pelajar atau peserta didik di semua sekolah Indonesia di dalam atau luar negeri. Ciri khas nomor induk ini adalah terstandar, tetap, serta berlaku secara berkesinambungan.
  • Nomor identitas pelajar ini sekaligus juga berfungsi sebagai pusat layanan daring terkait pengelolaan nomor induk siswa. Pusat layanan ini bersifat terintegrasi, akuntabel, dan terpadu dengan menerapkan teknologi komunikasi dan informasi teraktual.
  • Sistem yang canggih ini akan memudahkan kinerja berbagai unit yang meliputi seluruh sekolah, Dinas Pendidikan Daerah, serta Kemendikbud.
  • Penerapan identitas unik bagi individu pelajar ini juga bertujuan menunjang kinerja Dapodik dalam rangka pengembangan program-program pendidikan. Program dimaksud adalah mulai tingkat sekolah, kabupaten, kota, provinsi, sampai pusat, seperti Ujian Nasional, BOS, SNMPTN, dan PIP.
  • Nomor identifikasi siswa ini digunakan secara jangka panjang mulai dari tingkat PAUD hingga Universitas. Jadi, jika terjadi kekeliruan data bisa sangat merugikan siswa yang bersangkutan.

Untuk menghindari hal ini dibutuhkan kehati-hatian pada proses pemeriksaan, perekapan data, sampai cetak kartu NISN.

Kesalahan data nomor induk siswa kerap terjadi karena kekeliruan penulisan nomor, misalnya digit nomor induk yang kurang atau salah menginput angka. Jika memang seluruh data NISN sudah dipastikan kebenarannya, sebaiknya siswa segera mencetak kartu tersebut.

Alasan Siswa Harus Mempunyai NISN

Inilah alasannya mengapa setiap pelajar di Indonesia wajib mempunyai NISN.

  • NISN adalah nomor yang sifatnya konsisten seumur hidup

Keberadaan NISN akan memudahkan siswa pada proses pengurusan administrasi setiap melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Nomor induk nasional tersebut akan terus berlaku sampai yang bersangkutan menyelesaikan pendidikannya.

Artinya, nomor induk tidak akan berubah walaupun siswa naik ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

  • Memudahkan pemantauan perkembangan pendidikan anak Indonesia

Dengan nomor identitas ini riwayat perkembangan pendidikan setiap anak Indonesia akan lebih mudah di monitor. Termasuk saat terjadi modifikasi data, siswa pindah sekolah, serta tingkat pendidikan terakhir siswa.

Dengan NISN pihak berwenang bisa memperoleh data anak-anak yang putus sekolah dengan mudah dan cepat. Informasi tersebut berguna sebagai bahan evaluasi untuk merancang program pemberantasan putus sekolah bagi masyarakat Indonesia secara umum.

  • Memudahkan siswa yang menempuh pendidikan non formal melanjutkan pendidikan hingga ke universitas

Sebagaimana pernyataan Ir Kusnanto MM, Ketua Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (Asah Pena), NISN sangat penting bagi pelajar non formal. Ini terutama saat yang bersangkutan berniat melanjutkan ke jalur formal.

Tanpa nomor induk sebagai identitas siswa, mereka akan kesulitan untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang universitas.

Cara Mengecek NISN Siswa Inilah langkah-langkah untuk mengecek NISN secara online melalui website resmi Kemendikbud.

  • Klik NISN pada kolom pencarian baik pada laptop atau smartphone.
Cara Mengecek NISN Siswa
  • Pilih situs resmi Kemendikbud dengan mengklik tautan seperti pada gambar.
situs resmi Kemendikbud
  • Tampilan laman menunjukkan dua pilihan pencarian, yaitu berdasarkan NISN atau cek NISN berdasarkan nama yang terletak pada pojok kanan atas.
cek NISN berdasarkan nama
  • Untuk melakukan pencarian dengan NISN silahkan mengisi kolom sebagaimana yang diminta, yaitu menginput nomor induk dan nama ibu kandung. Berikutnya ketik kode captcha seperti petunjuk dan klik “Cari Data”.
melakukan pencarian dengan NISN
  • Jika nomor NISN yang diinput benar maka hasilnya akan muncul tampilan sebagaimana di bawah ini.
nomor NISN yang diinput
  • Selain pencarian dengan NISN, Anda juga bisa cek NISN dengan nama. Caranya dengan klik “Pencarian Nama” yang terletak di sudut kanan atas laman.
  • Laman berikut ini akan terbuka dan Anda tinggal melakukan pengisian kolom seperti yang diminta. Isi dengan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, kemudian nama ibu. Untuk mengisi tanggal lahir, tulis tahun kelahiran terlebih dahulu, lalu bulan, dan berikutnya tanggal.

Cara Mengurus NISN  

Setelah mengetahui manfaat dan pentingnya NISN, jika Anda adalah pelajar atau orang tua pelajar, terutama yang masih SD disarankan melakukan pengecekan. Caranya adalah seperti langkah-langkah di atas.

Jika pada aplikasi tercantum NISN tidak ditemukan sebaiknya konfirmasikan dengan sekolah tempat putra-putri Anda belajar.

Pihak sekolah dapat membantu siswa untuk mendapatkan NISN. Caranya dengan mengunduh F-PD (Formulir Peserta Didik) dan A.1. untuk pengajuan NISN baru pada situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id. Formulir tersebut bisa diperoleh dengan mengakses menu “Formulir Pengajuan”.

Formulir online kemudian dicetak dan siswa diminta mengisinya secara manual. Formulir yang sudah terisi dengan lengkap dan valid kemudian diserahkan kembali ke sekolah melalui operator NISN.

Pihak sekolah menindaklanjuti dengan mengirimkan formulir tersebut via email ke website PDSD, pdsp@kemdiknas.go.id untuk mendapatkan NISN bagi siswa.

Masalah-Masalah Yang Sering Terjadi Terkait NISN dan Cara Mengatasinya

Sekali lagi Anda harus sangat teliti dalam mengisi formulir secara manual saat mengajukan permohonan NISN. Hal ini untuk menghindari kesalahan data saat formulir sudah dikirimkan via daring agar tidak perlu membuang waktu untuk melakukan revisi.

Namun bila masalah itu tetap terjadi, tidak perlu panik karena ada solusinya.

Selain mengenai kesalahan data, inilah berbagai masalah yang berkaitan dengan NISN dan cara mengatasinya.

1. Mengubah data yang salah pada NISN

Jika data yang tercantum pada NISN ternyata tidak sesuai dengan dokumen otentik, misalnya akta kelahiran, harap melaporkannya ke sekolah. Berikutnya operator sekolah akan melakukan langkah-langkah berikut.

  • Mengunduh formulir A.3. Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa pada website http://nisn.data.kemdiknas.go.id di bagian menu “Formulir Pengajuan” dan mencetaknya.
  • Siswa diminta mengisi formulir secara manual.
  • Siswa menyerahkan formulir yang sudah diisi kepada operator sekolah.
  • Sekolah mengirimkan email formulir berisi perbaikan data kepada PDSD di pdsp@kemdiknas.go.id.

2. Siswa pindahan belum mendapatkan NISN dari sekolah lama

Untuk permasalahan ini sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa siswa yang bersangkutan memang belum mempunyai NISN. Jika memang siswa belum terdaftar, ikutilah langkah-langkah berikut.

  • Operator sekolah mendownload formulir peserta didik (F-PD) sekaligus formulir A.1. Pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru pada situs Kemdiknas.
  • Formulir yang sudah dicetak kemudian diisi seperti biasa oleh siswa. Pastikan data yang dituliskan benar.
  • Formulir yang sudah terisi dikembalikan kepada operator sekolah untuk kemudian dikirimkan kepada PDSD untuk mendapatkan NISN.

3. Kehilangan kartu NISN

Jika terjadi kerusakan atau kehilangan kartu NISN segera buat laporan kepada pihak sekolah. Selanjutnya operator NISN sekolah akan membantu Anda untuk mengganti kartu tersebut. Alternative lainnya adalah mengecek NISN yang biasanya tertulis pada biodata siswa di rapor, terutama rapor SD.

Kebijakan penulisan NISN pada rapor memang tidak sama di semua sekolah, karena ada pula sekolah yang hanya mencantumkan nomor induk siswa pada rapornya. Jika NISN tidak ditemukan pada biodata rapor atau situs, cobalah menelusurinya ke sekolah asal.

Mencetak Kartu NISN 

Jika setelah pengecekan sudah dipastikan bahwa seluruh data NISN benar, sebaiknya segera dilakukan pencetakan kartu. Hal ini penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ini misalnya pemalsuan atau penggandaan NISN.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencetak NISN, yaitu secara online melalui Verval PD Kemdikbud atau dengan aplikasi.

Verval PD atau Verifikasi dan Validasi Peserta Didik adalah platform yang juga dapat digunakan untuk mengedit data NISN sesuai dokumen otentik. Berikut ini adalah langkah-langkah mencetak NISN dengan aplikasi gurusd.net.

  • Akses situs gurusd.net dan unduh aplikasi untuk mencetak kartu NISN.
gurusd.net
  • Klik tombol “yes” pada laman di bawah ini.
  • Kemudian Klik tombol “Close”.
Akses situs gurusd.net
  • Klik “Option” untuk memunculkan dialog box Macro.
memunculkan dialog box Macro
  • Klik “OK” pada bagian “Enable this content”. Fungsinya adalah untuk membuat rumus berjalan.
Enable this content
  • Klik “Cancel” pada dialog box tersebut.
Klik “Cancel” pada dialog box tersebut.
  • Pada tampilan seperti di bawah ini isi kolom sesuai petunjuk di bawah untuk login.
  • Inilah tampilan aplikasi tersebut.
Inilah tampilan aplikasi tersebut
  • Langkah berikutnya adalah klik bagian “Input Data NISN”.
Input Data NISN
  • Isi kolom-kolom di bawah ini sesuai permintaan.
  • Jika sudah selesai klik tombol “OK”.
  • Lakukan pengecekan pada Database NISN di bagian berikut ini.
  • Inilah nama siswa yang tadi telah diinput.
  • Untuk mencetak kartu klik pada bagian “KARTU NISN”.
Cetak KARTU NISN
  • Inilah tampilan lamannya dengan nomor urut serta nama siswa, dan icon printer. Untuk mengganti identitas siswa klik pada ikon panah ke atas atau ke bawah.
  • Klik pada icon printer untuk mendapatkan tampilan laman berikut ini dan mencetak kartu NISN
  • Inilah contoh NISN yang sudah selesai dicetak.

Selain dengan aplikasi gurusd.net Anda juga bisa mencetak kartu nomor induk ini dengan aplikasi berbasis Dapodik, format Excell, atau aplikasi SD SMP SMA.  Pilih saja yang paling mudah menurut Anda.

Nah, demikianlah langkah-langkah pengecekan NISN sekaligus cara mencetaknya. Semoga bermanfaat!